TERKINI

Wisata Batam

Motivasi

Hiburan

Kamis, 31 Mei 2012

Wisata Batam Daerah Nongsa

PARIWISATA KECAMATAN NONGSA
Kegiatan Pariwisata Kecamatan Nongsa memegang peranan penting bagi Pengembangan Pariwisata di Batam, hal ini ditandai dengan banyaknya objek wisata, sarana dan prasarana pariwisata serta daya tarik wisata lainnya di wilayah kecamatan Nongsa, seperti objek wisata pantai, objek wisata budaya, Wisata alam, wisata kuliner dan akomodasi hotel resort berbintang hingga bintang lima. Kunjungan wisatawan asing yang datang ke Batampun tidak akan luput untuk berkunjung didaerah Nongsa, travel-travel agen juga tidak melupakan Nongsa sebagai paket wisata mereka untuk ditawarkan kepada wisatawan Lokal Indonesia maupun Mancanegara.
Berwisata di daerah Kecamatan Nongsa yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengunjungi kawasan pantai, ada beberapa kawasan pantai yang indah di Nongsa yang mempunyai ciri khas tersendiri, diantaranya adalah  Pantai Nongsa, Pantai Pulau Puteri, Pantai Sekilak, Pantai Melayu,  Pantai Lagorap, Pantai Teluk Mata Ikan, Pantai Tanjung Bemban, Pantai Kampung Panau, dan pantai-pantai lainnya yang terdapat dalam Perkampungan Tua Nelayan Nongsa.
WISATA PANTAI
Pantai Nongsa, Sambau
Pantai Kampung Nongsa terletak disepanjang Pasir Kampung Nongsa Kelurahan Sambau, Nongsa, disebelah utara Pulau Batam. Pantai ini menyatu dengan kampung Tua Nelayan yaitu kampung tua Nongsa Pantai. Pantai ini masih sangat tradisional dan masih sepi, ingin menikmati suasana yang alami maka datanglah ke Pantai ini.  Dari Pantai Nongsa kita bisa melihat negara Singapura dan Malaysia nun diseberang lautan. Persis dilepas Pantai Nongsa terdapat sebuah pulau Kecil yang bernama Pulau Puteri.
Pulau Puteri, Sambau Nongsa
Pulau Puteri adalah salah satu pulau terluar Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura. Pulau ini bentuknya oval memanjang kira-kira sepanjang 199 meter dengan garis tengahnya tak lebih dari 50 meter. Untuk akses kepulau ini tidaklah sulit, dengan menggunakan bot pancung biaya Rp.10.000 untuk pulang pergi kita sudah bisa sampai kepulau ini.
Bot Pancung menuju Pulau Puteri
Aroma perbatasan Indonesia dan Singapura amat terasa dengan terlihat gedung-gedung pencakar langit Singapura dari kejauhan. Turis asing dari mancanegara maupun lokal sering berkunjungdan berenang bahkan bisa menyelam dipulau ini.
Kawasan Pantai Sekilak, Batu Besar
Selain berwisata ke Pulau Putri diKecamatan Nongsa tersedia juga berbagai macam bentuk rupa pantai yang indah dan alami serta memiliki ciri khas yang tersendiri, Ciri khas dariPantai Sekilak yaitu hamparan bebatuan yang diselingi dengan suara ombak yang tidak terlalu besar. Menuju ke Pantai Sekilak, pengunjung yang berasal dari luar kota bisa menyewa mobil dengan harga sekitar 250 ribu sampai 300 ribu per hari. Sesampai di Pantai Sekilak, pengunjung dikenakan biaya sekitar 6.000 rupiah per orang dan dengan tarif sebesar itu pengunjung dapat menikmati sepuasnya keindahan Pantai Sekilak.
Selain dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih, pengunjung yang menyukai olah raga air seperti kayak, sepeda air, atau perahu naga bisa menikmati sensasi permainan tersebut di tempat ini. Lalu bagi yang hobi mancing juga tersedia fasilitas alat pancing yang tentunya harus disewa dari pengelola pantai.
Pantai Melayu Batu Besar
Pantai selanjutnya yang terdapat di Kecamatan Nongsa adalah Pantai Melayu Batu Besar, Pantai ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik, pantai yang berada di pesisir timur pulau Batam ini dilandai engan pasir putih dan diselingi dengan pohon kelapa disekelilingnya sehingga meninggalkan kesan teduh dan dingin dengan hembusan angin.  Pantai ini dikelola secara mandiri oleh warga setempat, dengan  menerima biaya masuk sebesar Rp.5000 -10.000  pengunjung sudah bisa menikmati susana pantai yang sangat mengesankan.
Pantai Lagorab, Batu Besar
Disebelah Pantai Melayu batu Besar terdapat Pantai Lagorab. Pantai ini diapit oleh dua buah restoran seafoot dikedua sisinya, restoran simfoni disisi utara dan restoran Cahaya disebelah selatan. Pantai memang disekat-sekat oleh si empunya masing-masing. Jadi kita bisa memilih mau mampir ke pantai yang mana.  Biaya masuk ke pantai ini Rp.5000/orang. Parkir kendaraan gratis. Tersedia fasilitas toilet atau kamar mandi bagi yang ingin bilas setelah berenang di laut.
Pantai Tanjung Bemban, Batu Besar
Masih dalam kawasan Kelurahan Batu Besar, juga terdapat pantai yang bernama Pantai Tanjung Bemban. Pantai Tanjung Bemban terletak disebelah utara kelurahan Batu Besar. Di tanjung bemban anda bisa menikmati semilir angin pantai sembari menikmati kelapa muda. Saat air laut pasang, anda bisa berenang di lautnya yang jernih.  Disini juga tersedia restoran pinggir pantai yang menyajikan aneka masakan seafood. Ikan, cumi, udang, gonggong, semuanya dijamin segar.
Pantai Kampung Panau, Kabil
Sedangkan di Kelurahan Kabil terdapatwisata pantai kampung panau.Obyek wisata ini memiliki daya tarik wisata keindahan panorama laut dan kampong tradisional melayu yang dapat dijadikan sebagai desa wisata dengan karakteristik pantai. Lebar pantai saat air pasang 20-40 meter pada saat air surut 10-20 meter , pantai relative landai dan berpasir putih. Panjang pantai kira-kira mencapai 100-200 meter, gelombang air laut kecil dan sedang, namun pada saat musim angin laut selatan gelombang air laut dikategorikan besar. Atraksi wisata bahari yang sediakan antara lain berenang, berperahu, berspeedbot ria, dan bisa juga memancing. Obyek wisata ini berlokasi di antara pelabuhan Telaga Punggur dan Kabil Industri Estate  yang dapat di capai dari Nagoya 45-60 Menit , Pelabuhan Nongsa Pura 20-30 menit, Bandara Hang Nadim 10-20 menit.
RESORT HOTEL & GOLF
Selain berwisata kepantai yang sangat eksotis, menarik dan mengesankan di wilayak Kecamatan Nongsa juga terdapat Resort Hotel dan Akomodasi yang menawarkan atraksi air, Golf, olahraga indoor, outdoor  dan penginapan-penginapan mewah. Disinilah tempat untuk menikmati liburan,  makanan enak serta tempat menginap terbaik untuk wisatawan lokal dan mancanegara.
Nongsa Point Marina & Resort ****
Turi Beach Resort Nongsa****
Batam View & Resort Hotel ****
Montigo Resort Hotel *****
Palm Spring Nongsa
Tering Bay Nongsa
WISATA BUDAYA
Sebagai daerah melayu, Batam juga mempunyai tempat wisata budaya yang  memiliki ciri khas sendiri sebagai daerah melayu.  Hal ini ditandai dengan diresmikannyaRumah Limas Potong sebagai rumah khas melayu dan dijadikan salah satu objek Wisata Budaya Kota Batam. Dikenal dengan sebutan Rumah Limas Potong karena bentuk atapnya yang menyerupai limas yang terpotong dan berdiri tidak langsung di atas tanah atau disebut rumah panggung.Rumah yang dibangun oleh Haji Karim ini kini sudah tak lagi berpenghuni. Rumah ini memang sengaja tidak ditinggali dan dijadikan sebagai rumah contoh khas Melayu di Batam
WISATA SEJARAH
Tahun 2010 Pemko Batam menjadikanKomplek Makam Zuriyat Nong Isa di Nongsa sebagai objek wisata sejarah. Komplek Makam Zuriat Nong Isa berarti komplek pemakaman para kerabat dan keturunan dari Nong Isa.
Menurut catatan sejarah , Nong Isa atau Raja Isa bin Raja Ali adalah penguasa pertama pulau batam. Tahun 1829, beliau memperoleh mandat dari Sultan Riau dan Yang Dipertuan Muda Riau VI untuk memerintah kawasan nongsa dan sekitarnya. Kawasan nongsa dan sekitarnya tak lain tak bukan adalah Pulau Batam. Surat mandat Nong Isa tersebut dikeluarkan pada 22 Jumadil akhir 1245 atau bertepatan dengan 18 desember 1829. Tanggal tersebut kini ditetapkan sebagai hari jadi kota batam.
Komplek makam zuriyat nong isa terletak di atas sebuah bukit kecil di kampung nongsa pantai, kelurahan sambau, kecamatan nongsa, batam. Nong Isa sendiri tidak dimakamkan di sini, jadi hanya makam anak keturunannya saja. Makam beliau sampai sekarang tidak diketahui keberadaannya. Allahu a’lam.
Untuk sampai ke komplek makam kita harus menaiki puluhan anak tangga. Tepat sebelum gerbang makam, terdapat sebuah papan keterangan yang menjelaskan silsilah keluarga Nong Isa dari tahun 1700-an sampai sekarang.

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar anda..!!!
NO SPAM oke...
begitu berartinya motivasi dan perkataan anda untuk blog ini...

 
Copyright © 2013 Sengkuangtrader.com
Powered byJoomla