TERKINI

Wisata Batam

Motivasi

Hiburan

Jumat, 23 Mei 2014

Melancong Coy di Air Terjun Bintan

SengkuangTrader.com - Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis yang banyak sekali terdapat potensi pariwisata di dalamnya seperti wisata alam, wisata sejarah dan wisata budaya yang tersebar di seluruhnya daerahnya. Setiap Potensi wisata tersebut mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda antara satu sama lain. Seperti wisata alam, wisata ini adalah satu jenis Potensi wisata yang banyak sekali peminatnya dari berbagai kalangan mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Wisata alam tersebut juga terbagi beberapa macam seperti pegunungan, pantai, air terjun, dan lain-lain.

Kekayaan alam Indonesia juga menarik minat wisatawan yang berasal dari mancanegara untuk menyambangi negara yang beriklim tropis ini sekedar untuk merasakan suasana yang tidak dapat mereka rasakan di negara asalnya, khususnya wisatawan yang berasal dari Benua Eropa yang merupakan sebuah benua dengan iklim yang terbagi antara 4 musim.

Bulan April yang lalu kami Melancong Coy ke Pulau Bintan. Sebenarnya tidak murni jalan-jalan, melainkan ada keperluan di Tanjung Pinang yaitu mengantar Proposal. Tapi daripada langsung ke tanjung pinang pakai ferry yang ‘biasa banget’, mending sekali-kali nyobain rute berbeda: Batam – Tanjung Uban – Tanjung Pinang.
Kami berlima dengan menggunakan 3 motor ke Pulau Bintan. Dari pelabuhan Punggur Batam kami menyeberang ke Tanjung Uban dengan KAPAL RORO. Untuk menyebrang menggunakan Kapal roro kami di kenakan biaya  penyeberangan seharga Rp.19000,- per penumpang, dan Rp. 30000,- untuk sepeda motor. Jadwal keberangkatan Batam-Tanjung Uban tiap jam 10 pagi dan jam 4 sore. Dan kami berangkat jam 10 pagi.

Setelah satu jam menyeberangi selat riau sampailah kami di Tanjung Uban. Tak hendak berlama-lama di kota kecil di ujung barat pulau bintan ini, kami langsung meluncur tujuan utama kami datang ke pulau ini;  Gunung Bintan. Letaknya kira-kira 35 km di sebelah timur tanjung uban. Bisa dicapai dalam waktu setengah jam.

Sekilas nyinggung sejarah ni sob, pulau Bintan adalah pulau yang menjadi kawasan pemerintahan dan administrasi di Kepulauan Riau dengan Kota Tanjung Pinang sebagai ibu kotanya. Pulau ini memiliki berbagai keunikan wisata yang bisa dikatakan sangat Komplit diantara wisata-wisata di pulau lainnya seperti Gunung Bintan yang merupakan sebuah gunung dengan rangkaian pegunungan di sekitarnya yang eksotis dan sering menjadi gunung pilihan para pendaki yang datang dari berbagai daerah maupun pendaki yang berasal dari luar negeri, serta Air Terjun yang letaknya telat di kawasan kaki Gunung Bintan.
Air Terjun ini bernama Air Terjun Bintan. Lokasi wisata ini sudah tidak asing lagi dimata masyarakat Pulau Batam, Pulau Bintan, maupun masyarakat di sekitarnya. Ya, karena hampir setiap harinya Air Terjun Bintan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Air Terjun Bintan ini mempunyai air yang sangat jernih dan sedikit dingin, namun sangat menyegarkan seketika telah merilekskan diri di kawasan air terjun ini. Wisatawan biasanya menikmati air terjun ini dengan duduk tepat di bawah jatuhnya air. Menurut informasi, Air Terjun Bintan ini sering disinggahi oleh para pendaki sebelum melakukan pendakian ke Gunung Bintan. Untuk masuk ke kawasan wisata air terjun ini per orang dikenakan retribusi Rp.5000,-

Jadi sob, Untuk menuju ke kawasan Air Terjun ini kami harus menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak dengan ketinggian sekitar 300 meter dari lokasi parkir kendaraan yang letaknya tepat di bawah kawasan Air Terjun ini. Ya, tentunya dengan berjalan kaki selama 10 – 15 menit. Seperti halnya air terjun yang terdapat di daerah lain, air terjun di kawasan Gunung Bintan ini juga bermuara ke sebuah mata air melintasi banyak bebatuan yang membentang di sekitarnya. Batu-batuan tersebut terdiri dari batu-batuan kecil hingga batu-batuan besar.
Perlu berhati-hati apabila melangkah di sekitar batu-batuan tersebut karena sangat licin dan sangat berbahaya apabila tidak berhati-hati. Lokasi wisata Air Terjun Gunung Bintan selalu menjadi alternatif pilihan pariwisata bagi masyarakat Kepulauan Riau dan sekitarnya, hampir setiap hari lokasi ini selalu dipadati oleh para wisatawan tapi sayangnya pas kami berkunjung kesana hanya kamilah yang berada di situ.
Katanya ni sob, daerah gunung bintan ini menjadi favorit wisatawan penggemar buah durian, dikarenakan harga durian di kawasan ini 3 kali lebih murah dibandingkan durian-durian yang dijual di tempat lainnya. Makanya ada gambar durian sebagai tanda daerah Durian sob. Berkunjung ke kawasan wisata Air Terjun Gunung Bintan ini bisa menjadi alternatif wisata bagi Anda yang menyukai wisata di alam bebas. Selain dapat merilekskan diri di kawasan air terjun ini, kita juga akan disuguhi panorama alam di sekitarnya yang sangat eksotis dan begitu alami.

Bagi sobat yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Gunung Bintan ini tidaklah sulit, dari tanjung uban hanya membutuhkan waktu sekitar 30menit. Selama di perjalanan sobat akan disuguhi panorama alam yang asri di beberapa kawasan seperti beberapa perkebunan milik warga dan panorama-panorama alam lainnya.

Posting Komentar

tolong tinggalkan komentar anda..!!!
NO SPAM oke...
begitu berartinya motivasi dan perkataan anda untuk blog ini...

 
Copyright © 2013 Sengkuangtrader.com
Powered byJoomla